Amankan Stok Beras, Bulog Siap Impor Beras 

Kamis, 24 November 2022 09:17 WIB

Share
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso. (Foto: Poskota/Rizal)
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso. (Foto: Poskota/Rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Untuk mengamankan stok beras yang sudah menipis, Bulog akan melakukan impor beras.

Saat ini, Bulog hanya menunggu perintah pemerintah untuk impor beras. 

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengatakan, telah mendapat mandat untuk melakukan impor beras oleh negara untuk mengamankan stok beras yang saat ini sebesar 594 ribu ton.  


Dikatakan, impor dilakukan jika Kementerian Pertanian (Kementan) tidak sanggup menyediakan beras 6 ribu ton beras dalam negeri untuk diserap BUMN Pangan.

"Ini sudah ada keputusan Rakortas, dan keputusan Rakortas itu semua menteri yang terkait sudah memberikan keputusan. Bulog itu hanya melaksanakan dari perintah, penugasan," kata Budi Waseso di Gedung DPR Jakarta, Rabu, (23/11/2022).

Buwas menegaskan, dalam rakortas itu Bulog ditugaskan untuk mengamankan stok beras untuk kebutuhan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau operasi pasar untuk intervensi harga, serta untuk kebutuhan kejadian luar biasa seperti penanganan bencana atau bantuan sosial.


Buwas menyebut keputusan dalam Rakortas mengamanatkan agar Bulog menyerap stok beras dalam negeri sebanyak 500 ribu ton yang disiapkan oleh Kenentan, dan 500 ribu ton pengadaan dari luar negeri.

Namun, pengadaan beras dari dalam negeri tidak bisa dilakukan karena tidak tersedianya beras untuk dibeli oleh Bulog. 


Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menegaskan, bahwa saat ini stok Bulog sudah menipis dan bisa berpotensi berkurang menjadi 300 ribu ton karena akan digunakan untuk operasi pasar pada satu setengah bulan ke depan. (rizal)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar