Advertisement

Akhir Pekan, Kawasan Plesiran di Kabupaten Bogor Jadi Sasaran Warga Ibu Kota

Bodetabek —Sabtu, 3 April 2021 20:09 WIB
Editor: Fatah
    Bagikan:  
Akhir Pekan, Kawasan Plesiran di Kabupaten Bogor Jadi Sasaran Warga Ibu Kota
Gerbang Tol Ciawi padat dari arah Jakarta dipadati kendaraan pribadi yang akan menuju Puncak maupun Sukabumi. Poskota.co.id/angga

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Andry mengungkapkan, warga Ibu Kota Jakarta dalam mengisi libur panjang Paskah lebih banyak mendatangi wisata yang ada di daerah Kabupaten Bogor, ketimbang dengan objek wisata yang ada di Bogor Kota.

"Warga Ibu Kota Jakarta dan daerah lain lebih menyukai mendatangi lokasi wisata yang ada di daerah Kabupaten Bogor. Hal ini terlihat dari pantauan di jalan kendaraan roda empat yang dari arah Jakarta lebih banyak menuju ke kawasan wisata Puncak," ujar dia kepada Poskota.co.id usai dikonfirmasi, Sabtu (3/4/2021) siang.

Selain itu, Andry menyebut, meski masih musim libur panjang perayaan Paskah Agung, untuk jalan-jalan yang ada di Bogor Kota tidak ada rekayasa lalu lintas.

"Sampai saat ini, situasi lalu lintas di jalan-jalan protokol seperti Pajajaran, Tugu Kujang, Gerbang Tol Terminal Barangsiang masih terkendali tidak ada penumpukan kendaraan hingga menyebabkan macet panjang," tutur dia.

Selama libur Paskah, lanjut Andry, pihaknya menerjunkan 100 personel yang disebar ke titik-titik simpul kemacetan di saat libur panjang.

Di temat terpisah, KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana mengatakan, kepadatan kendaraan yang akan menuju ke kawasan wisata Puncak sudah mulai terlihat antrean H-1 jelamg libur panjang Paskah.

"Kepadatan lalu lintas mulai dari Pintu Tol Gadog ke arah Puncak sudah mulai terjadi pada Kamis (1/4/2021), sekitar pukul 16.00 WIB," ungkap dia kepada wartawan.

Sampai malam harinya, lanjut Ketut, kepadatan kendaraan didominasi dari DKI Jakarta, hingga sekitar pukul 19.30 WIB, belum terurai.

"Prediksi kita kepadatan kendaraan terjadi akibat antrian operasi yustisi dari Satgas Covid Kabupaten  Bogor yang memeriksa kelengkapan surat vaksinasi dan juga yang telah melakukan rapid test," kata dia.

Pihaknya juga belum memberlakukan one way (sistem satu arah) lantaran situasi lalu lintas masih terkendali.

[page-pagination]

"Operasi yustisi akan dilakukan sampai Minggu ini. Bagi warga luar Bogor mau ke Puncak membawa surat rapid tes bebas Covid 19 dan sudah divaksinasi jika tidak mau diputar balik," tutup dia.

Pantauan Poskota.co.id, situasi lalu lintas melalui Jalan Raya Parung - Ciputat mulai dari arah Samsat Ciputat sudah ramai lancar yang mau menuju Bogor.

Kemacetan juga terjadi di beberapa titik sepanjang Jalan Raya Parung, mulai dari wates perbatasan Bojongsari dengan Pamulang Tangerang Selatan, Jalan Raya Salabintana Kecamatan Kemang, Bogor Utara, lampu merah JORR 2 , dan pintu keluar tol Ciawi dari arah Jakarta.

Pada H+1 perayaan Paskah, jika menempuh kendaraan motor dari Depok ke Puncak ditempuh hampir 3 jam lamanya, biasanya hanya 1 - 2 jam. (angga)

 

Editor: Fatah
    Bagikan:  

Berita Terkait