Advertisement

Libur Paskah, 4.500 Wisatawan Kunjungi Pulau Seribu

Kepulauan Seribu —Senin, 5 April 2021 11:05 WIB
Editor: GusMif
    Bagikan:  
Libur Paskah, 4.500 Wisatawan Kunjungi Pulau Seribu
Wisatawan yang baru tiba di pintu kedatangan dermaga utama Pulau Tidung, dilakukan pemeriksaan surat negatif Covid-19. (poskota.co.id/Ist)

KEPULAUAN SERIBU, POSKOTA.CO.ID– Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu mencatat, selama libur panjang Paskah, terhitung dari tanggal 2 hingga 4 April 2021, sebanyak 4.498 wisatawan mengunjungi Kepulauan Seribu.

Kasubag TU Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Neneng Roaeni, mengatakan total wisatawan yang telah berkunjung ke Kepulauan Seribu pada masa libur panjang tersebut terdiri dari 4.429 wisatawan nusantara atau lokal dan 69 wisatawan asing.

"Jumlah wisatawan yang mengunjungi kepulauan seribu selama libur panjang sebanyak 4.498 orang, di antaranya 4.429 wisatawan nusantara dan 68 wisatawan mancanegara," kata Neneng saat dihubungi, Senin (5/4/2021).

Neneng melanjutkan, wisatawan yang berkunjung ke wilayah Kepulauan Seribu tersebut melalui pintu masuk Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir dan Rawasaban.

Untuk wisatawan yang berkunjung melalui pintu masuk Marina Ancol sebanyak 1.132 wisatawan, dan di Dermaga Kali Adem sebanyak 1.328.

"Pintu masuk Tanjung Pasir 1.688 dan pintu masuk Rawasaban sebanyak 150 wisatawan," pungkasnya.

Untuk menekan penularan virus Corona, bagi wisatawan yang hendak berlibur ke Kepulauan Seribu, wajib membawa surat keterengan negatif Covid-19.

Untuk itu petugas gabungan Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, melakukan pengawasan protokol kesehatan (prokes) dan pemeriksaan surat keterangan negatif Covid-19 pada wisatawan yang baru tiba.

Menurut Lurah Pulau Tidung, Hafsah, petugas gabungan dari Satpol PP, TNI/Polri, OPD terkait dan unsur warga dikerahkan melakukan pengawasan di pintu kedatangan dermaga utama Pulau Tidung, terhadap penumpang kapal yang datang dari Pelabuhan Kaliadem, Marina ancol dan Rawasaban.

"Tercatat ada 451 penumpang yang turun di dermaga utama, dan 204 lainnya tidak dapat menunjukan surat negatif Covid-19," kata Hafsah.

[page-pagination]

Hafsah menjelaskan, 204 penumpang yang tidak dapat menunjukan surat negatif Covid-19, harus mengikuti rapid test antigen di pintu kedatangan dermaga utama Pulau Tidung. "Dan hasilnya dinyatakan non reaktif," jelasnya.

“Petugas juga menghimbau agar wisatawan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Eko Wahyu Fredian menambahkan, pihaknya selain melakukan pemantauan juga mengingatkan selalu kepada wisatawan agar tetap patuh terhadap prokes.

"Kegiatan berlangsung aman dan lancar, kita berharap kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan dapat dipertahankan sehingga pandemi ini lekas berlalu," harapnya. (Yono)

Editor: GusMif
    Bagikan:  

Berita Terkait