Advertisement

Ini Nih! 9 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Hidup Sehat —Senin, 5 April 2021 15:57 WIB
Editor: GusMif
    Bagikan:  
Ini Nih! 9 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar
ILUSTRASI- tubuh yang sehat dan bugar

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Agar tetap sehat, orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan, baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural. Rela menghabiskan banyak biaya dan menabrak aneka norma dan logika.

Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, dan kadangkala juga tidak memerlukan biaya sama sekali. Hanya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Berikut ini ada beberapa cara hidup sehat:

1. Berpikiran Positif (Positive Thinking)
Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maksudnya, jika di dalam jiwa seseorang sehat (positive thingking) maka tubuh pun akan sehat. Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi, telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stress. Kita juga harus menjauhi orang-orang dengan pola pikir negatif. Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat.

2. Kendalikan Stres
Kelola emosi dengan baik. Jangan mudah untuk marah-marah. Karena hanya akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah. Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.


3. Kenali bahasa tubuh
Kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat. Tanggapi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh. Kita harus sadar bahkan untuk hal kecil sekalipun, misal mata yang terasa perih dan berair ketika bekerja di depan komputer, itu berarti mata kita sudah lelah dan butuh istirahat. Jangan paksakan kalau tidak ingin mengalami gangguan pada mata.

Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan kunci sehat yang harus kita lakukan. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7 sampai 8 jam perhari terpenuhi. Jangan kurang dan jangan berlebihan, sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

[page-pagination]


4. Menjaga Pola Makan

Kita harus bisa menjaga pola makan. Jangan sampai kita meninggalkan sarapan. Atur selalu jam makan. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya, dia akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.

Mengkonsumsi gizi seimbang, Hindari makan berlebihan atau kurang, Hindari makanan sampah atau Junk Food,Konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah.


5. Cukupi Kebutuhan Cairan
Sebagian besar dari kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita sering sekali kurang cukup meminum air setiap hari. Ini tentu hal yang tidak baik, sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air untuk tubuh kita.

Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan juga berat badan. Tetapi umumnya kita perlu 2,7 sampai 3,7 liter asupan air. Atau setidaknya kita meminum 8 gelas air per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Jangan kurang, jangan pula berlebihan.

6. Cukupi Kebutuhan Vitamin
Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C.

7. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan 
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang mutlak harus dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar. Ada begitu banyak bakteri, kuman dan virus di sekitar kita yang berpotensi menjadi sumber penyakit. Biasakan diri untuk hidup bersih guna menghindari kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya.

Salah satu adalah mencuci tangan sebelum makan. Untuk meminimalisir datangnya penyakit pada tubuh, kita harus mencuci tangan dengan benar sebelum makan. Sudah diketahui sebelumnya jika tangan yang terkena kuman akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh. Kuman itu nantinya akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan.

8. Olahraga Secara Teratur
Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur. Kita bisa berolahraga seperti jogging, bersepeda dan lainnya. Atau paling tidak perbanyaklah jalan kaki. Dengan mulai membiasakan jalan kaki, sedikit demi sedikit akan bermanfaat untuk membakar kalori tubuh. Berdasarkan penjelasan para ahli bahwa berjalan kaki mampu membakar sekitar 180 kalori per menitnya.

9. Hindari kebiasaan buruk
Sudah jelas hal-hal yang dapat merusak badan, yaitu merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan termasuk konsumsi makanan cepat saji. Maka dari itu segera jauhilah kebiasaan buruk tersebut. Karena makanan dan minuman seperti itu mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak organ-organ tubuh. Apalagi resiko penyakit yang muncul akibat konsumsi tidak sehat seperti itu adalah penyakit-penyakit yang mematikan. (**)

Editor: GusMif
    Bagikan:  

Berita Terkait