Advertisement

Kerja Sudah 11 Tahun, Tiba-tiba Di-PHK Sepihak, Manager IT Lapor ke Disnaker DKI

Jakarta —Rabu, 7 April 2021 09:21 WIB
Editor: GusMif
    Bagikan:  
Kerja Sudah 11 Tahun, Tiba-tiba Di-PHK Sepihak, Manager IT Lapor ke Disnaker DKI
Johan Weitanu didampingi kuasa hukumnya saat mendatangi Disnaker DKI. (poskota.co.id/Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Tak terima diputus Hubungan Kerja (PHK) sepihak, Johan Weitanu, yang merupakan Manager IT di PT Codefin mengadukan nasibnya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) DKI.

Didampingi kuasa hukumnya, Shiddiq Philip, Johan mengaku, laporannya ke Disnaker juga untuk memediasikan PHK sepihak yang dialaminya setelah bekerja selama 11 tahun.

"Kalau 10 tahun kerja itu ada pesangonnya. Nah ini, saya hanya dikasih satu setengah gaji," protes Johan saat ditemui di kantor Disnaker DKI, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, pemecatan dirinya berawal dari hilangnya dua piring pajangan seberat 60 Kg dan panjang kurang lebih dua meter di rumah pemilik perusahaan PT Codefin, yakni Jo Lanawati.

Kemudian, ia langsung diberikan Surat Peringatan (SP) ketiga oleh Kelvin Sebastian yang mewakili PT Codefin dan PT Inti Sarana Proteksi.

Tak lama berselang, Johan menerima surat PHK atau pemecatan tanpa pesangon. "Secara tidak langsung menuduh saya mencuri, padahal tidak saya lakukan," tegasnya.

Shiddiq Philip selaku kuasa hukum Johan menambahkan, bahwa ada dua langkah pembelaan hak yang dilakukan olehnya. Pertama, mengajukan permohonan tripartit ke Disnaker Provinsi DKI.

"Kedua, gugatan tentang perbuatan melawan hukum, penghinaan menghilangkan kehormatan dan nama baik Johan Weitanu dengan meminta ganti rugi sebesar 6 Triliun dan permintaan maaf," tambah Shiddiq.

Sementara itu, pihak PT Codefin yang dikonfirmasi wartawan terkait adanya pemecatan sepihak tersebut, mengelak bahwa yang bersangkutan merupakan karyawannya.

"Bukan (bukan karyawan PT Codefin), tetapi karyawan PT Inti Saran Proteksi. Saya gak tau karena itu bagian legal kami yang urus," ujar Crop HRGA Division Head PT Codefin, Ruben Tim Hardian.

Perkaranya tersebut juga telah terdaftar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dengan nomor 46/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst.

Dalam gugatan tersebut, penggugat atas nama Johan Weitanu melayangkan gugatan terhadap PT Codefin, PT Inti Sarana Proteksi, dan juga Jo Lanawati. (deny)

Editor: GusMif
    Bagikan:  

Berita Terkait